KORSUM.NET-Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir meminta para Camat untuk mengoptimalkan potensi ekonomi di tiap wilayahnya  masing-masing terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Kabupaten Sumedang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Dony saat memberikan arahan dalam Rapat Pembahasan Kajian Awal PDRB Kecamatan di Pendopo IPP Kabupaten Sumedang, Senin (7/12/2020).

"Saya ingin setiap pengambil kebijakan pertimbangannya jelas, baik data dan fakta. Setidaknya memahami secara mendasar potensi ekonomi yang ada di tiap kecamatan," ujarnya.

Dikatakan Bupati, ada lima masalah dan enam potensi yang berdampak terhadap peningkatan PDRB di Kabupaten Sumedang. 

"Keenam potensi tersebut diantaranya sumber daya alam, jumlah penduduk, Iptek, sejarah, pariwisata, dan letak geografis," ujarnya.

Berangkat dari hal tersebut, kata Bupati, para pengambil kebijakan harus mengetahui dan memahami setiap potensi maupun permasalahan yang dihadapi sebelum menetapkan program kebijakan yang akan dilaksanakan.

Menurutnya, setiap kecamatan memiliki potensi dan permasalahan yang berbeda sehingga penanganan atau treatment yang akan di-breakdown di tiap kecamatan membutuhkan program dan kebijakan yang berbeda pula.

"Kita harus paham, harus tahu dan hadir untuk mengatasi masalah dengan cara memformulasikan program kebijakan untuk mengatasi masalah tersebut. Jangan sampai membuat program, tapi tidak berdampak menyelesaikan permasalahan,” pungkasnya.