KORSUM.NET-Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappppeda) melaksanakan Pembinaan atas Pelaksanaan Program Sumedang Simpati di Tingkat Kecamatan di Ruang Rapat Bappppeda, Kamis (23/12), 

Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir dalam arahannya yang disampaikan secara virtual meminta agar program-program unggulan Sumedang Simpati bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya di tingkat kecamatan.

"Kegiatan yang di buat pada setiap kecamatan harus berhasil guna dan berdaya guna. Apalah artinya program yang telah kita tetapkan jika tidak dilaksanakan dan dikoordinasikan dengan sebaik-baiknya oleh para camat di setiap kecamatan," ujarnya.

Dikatakan Bupati, para camat harus lebih memahami apa yang menjadi Visi Misi dan program unggulan Sumedang Simpati sehingga apa yang dilakukan betul-betul sinergis.

"Apa yang menjadi tugas para camat bisa betul-betul sinergi untuk mewujudkan Sumedang Simpati, terutama dalam mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan di tingkat kecamatan dalam rangka memberdayakan masyarakat, menyelenggarakan ketertiban dan ketentraman umum, serta menegakkan Perda," paparnya.

Bupati Dony berharap dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut para camat bisa betul-betul mengevaluasi kegiatan di tiap kecamatan sehingga bisa betul-betul mensinergikan peran dan tugas masing-masinv dalam rangka mewujudkan program Sumedang Simpati.

"Supaya bisa terwujud tentunya kita harus betul-betul paham terhadap Visi misi, kebijakan, dan program unggulan Kabupaten Sumedang. Setelah paham, dijiwai dan dihayati, maka setiap tugas di kecamatan itu betul-betul mengarah pada program Sumedang Simpati," harapnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas peran serta para Camat yang telah bekerja keras dan bekerja sama dengan sungguh-sungguh menjadi bagian solusi untuk mewujudkan Sumedang Simpati.

"Ini terbukti dengan beberapa apresiasi dan prestasi yang telah kita raih baik tingkat nasional, provinsi, maupun perusahaan-perusahaan yang kompeten di bidangnya. Untuk itu, kepada para Camat terus pertahankan kinerja, bahkan ditingkatkan ke depannya," ucapnya.

Bupati juga menambahkan, jika para camat bisa lebih mengkoordinasikan kegiatan di desa-desa, maka program Sumedang Simpati akan cepat terwujud.

"Intinya bagaimana tugas para Camat bisa betul- betul mengarah pada pencapaian Visi Misi Sumedang Simpati," tegasnya.

Masih dikatakan Bupati, saat ini masyarakat sedang dihadapkan pada pandemi Covid 19, menurutnya para Camat bisa menghadirkan program kegiatan yang mengarah pada penanggulangan resesi ekonomi. 

"Data DTKS dan Non DTKS menjadi panduan kita dalam mengelola pembangunan ekonomi masyarakat," tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris Bappppeda Sajidin, S. Hut.,M.Si mengatakan, saat ini Kabupaten Sumedang telah meraih beberapa penghargaan sebagai hasil kinerja dari mulai tingkat kecamatan dan desa.

"Tentunya kita ingin lebih meningkatkan kinerja kita. Untuk itu, pada hari ini kita akan mengevaluasi permasalahan yang ada di tiap kecamatan, terutama yang berkaitan dengan masalah kemiskinan," pungkasnya.