KORSUM.NET--Sebagai bentuk dukungan mewujudkan Sumedang sebagai Kabupaten Wisata, kini banyak bermunculan wahana wisata baru, salah satunya bernama Pesona Taman Puspa yang terletak di Dusun Sukaratu Desa Cijambu Kecamatan Tanjungsari.

Tempat wisata tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, Kamis (3/12/2020), dalam balutan acara Grand Opening.

Direktur Wisata Edukasi Pesona Taman Puspa Deni dalam laporannya mengatakan, wahana wisata tersebut berdiri di atas lahan Perhutani seluas 6 Hektar dan menyajikan wahana permainan anak dan wisata edukasi.

"Ada wahana anak-anak, jembatan gantung dan kereta mini. Insyaalloh untuk menambah suasana hiburan. Jadi di samping rekreasi, akan mendapat pemahaman pendidikan tentang tanaman. Ada ilmu yang bisa dibawa sepulang dari sini untuk para pengunjung," ujarnya.

Dikatakan Deni, Wisata Edukasi Taman Puspa diharapkan menjadi destinasi wisata unggulan di Sumedang dengan menyuguhkan pesona alam dan pendidikan. 

"Ini merupakan salah satu potensi wisata di Kabupaten Sumedang yang dikembangkan supaya dapat menarik para wisatawan domestik maupun mancanegara sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah," ucapnya.

Kawasan Desa Cijambu menurutnya sangat mendukung menjadi tujuan wisata mengingat daerahnya yang sejuk di daerah pegunungan, banyak terdapat pepohonan, terutama pohon pinus dan air sungainya yang masih sangat jernih.

"Suasananya akan menyegarkan pikiran kita. Juga akan menambah wawasan tentang tanaman, buah-buahan, cara pembenihan dan sebagainya," tuturnya.

Ia berharap dengan keberadaan Taman Puspa dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya dan menambah pendapatan bagi Kabupaten Sumedang. 

"Kami masih sangat butuh dukungan dari pemerintah daerah yang terkait sarana prasarana infrastuktur. Kami sangat mebutuhkan dukungan infrastuktur mencakup akses jalan," ucapnya.

Bupati berharap dengan adanya keberadaan destinasi wisata edukasi Pesona Taman Puspa dapat menggerakkan ekonomi rakyat.

"Saya berharap bisa terus maju, berkembang dan bisa menggerakkan ekonomi rakyat dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan  tumbuhnya usaha-usaha kecil," harapnya.

Bupati juga berpesan kepada  pihak Pesona Taman Puspa agar turut memberdayakan warga masyarakat setempat dalam pengelolaannya.

"Saya titip masyarakat lokal betul-betul diperhatikan dari sisi pekerjaan dan kesejahteraannya sehingga ketika wisata ini maju, masyarakat sekitarpun akan maju dan sejahtera," katanya.

Ia juga mengimbau kepada pengelola dan masyarakat yang akan berkunjung agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Saya menekankan kepada pengelola agar mempersiapkan Satgas Covid 19 untuk memastikan bahwa tempat ini sarana kesehatannya ada dan diterapkan protokol kesehatannya. Bagi yang berkunjung diperiksa memakai thermalgun, cuci tangan pakai sabun, pakai masker dan menjaga jarak" imbaunya.