KORSUM.NET
--Pemerintah Kota Sukabumi mengapresiasi potensi yang dimiliki Kabupaten Sumedang berupa inovasi aplikasi e-Office yang berdampak terhadap percepatan pelayanan kepada masyarakat. 

Apresiasi tersebut disampaikan Walikota Sukabumi H. Achmad Fahmi beserta jajaran saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang dalam rangka penerimaan hibah Aplikasi e-Office dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang yang bertempat di Gedung Negara, Rabu (23/12).

Rombongan kunjungan kerja diterima langsung oleh Bupati H Dony Ahmad Munir didampingi Sekretaris Daerah Herman Suryatman, Asisten Administrasi Nasam, Sekretaris Diskominfosanditik Kemal Idris, Kabid Informatika Diskominfosanditik Mamat Rohimat dan unsur Bagian Kerja Sama Setda.

Walikota Sukabumi H. Achmad Fahmi  menyebutkan, kolaborasi dua kota tersebut merupakan komitmen bersama dalam membangun Jawa Barat.

"Saya berharap kerja sama dan kolaborasi yang dibangun antara Kabupaten Sumedang dan Sukabumi dapat menguatkan pembangunan  sebagai komitmen bersama memajukan Jawa Barat dan Indonesia," ungkap Achmad.

Achmad menambahkan, potensi yang dimiliki Kabupaten Sumedang membuat Kota Sukabumi datang berkunjung untuk menjalin kerja sama antar pemerintah daerah, khususnya dalam rangka peningkatan indikator kedisiplinan aparatur.

"Tentunya hal yang dimiliki Kabupaten Sumedang begitu luar biasa sehingga Sukabumi datang berkunjung. Salah satu keunggulan yang ada adalah e-Office yang sudah diterapkan untuk meningkatkan profesionalitas ASN di Sumedang," ujarnya. 

Senada dengan Walikota Sukabumi, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir  mengharapkan agar bentuk kerja sama yang terjalin akan semakin mempererat tali kekeluargaan antar daerah sehingga dapat terus bertukar pikiran khususnya mengenai setiap inovasi yang dimiliki masing-masing daerah. 

"Kami berharap dengan pertemuan ini lebih merekatkan tali kekeluargaan antara Kabupaten Sumedang dengan Sukabumi untuk kemajuan daerah masing-masing yang pada akhirnya menuju kemajuan provinsi dan negara. Kita sama-sama belajar dan bertukar pikiran dengan inovasi yang dimiliki masing-masing," ujarnya. 

Ditambahkan Bupati Dony, kunci keberhasilan sebuah kabupaten/kota adalah dengan kolaborasi dan kerja sama.

"Maka dari itu, kolaborasi antara Kota Sukabumi dan Kabupaten Sumedang diharapkan dapat menjadi role model bagi kabupaten/kota lain," ungkap Bupati lebih lanjut.

Bupati menambahkan, dalam mempercepat proses pembangunan Kabupaten Sumedang sudah semestinya memanfaatkan digitalisasi dan teknologi informasi.

"Inovasi harus dilakukan karena Kabupaten Sumedang telah menobatkan dirinya sebangai "Sumedang Happy Digital Region. Untuk itu Kabupaten Sumedang membuat inovasi yang berbasis digital yaitu e-SAKIP dan e-SAKIP Desa yang diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas ASN di Sumedang," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan naskah perjanjian tentang hibah aplikasi e-Office dan e-SAKIP serta kesepakatan bersama antara Pemkab Sumedang dan Pemkot Sukabumi terkait dengan potensi daerah dan pelayanan publik oleh masing-masing Kepala Daerah.