KORSUM.NET-Digital Library merupakan sebuah tools atau alat pembelajaran yang mampu meningkatan kapasitas ASN Kabupaten Sumedang, Demikian dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman saat membuka Sosialisasi dan Pelatihan Digitalisasi Perpustakaan yang bertempat di Aula Gedung Korpri, Senin (7/12).

"Dengan adanya perkembangan transformasi digital diharapkan mampu menunjang kinerja ASN dan kehadiran Digital Library diharapkan dapat memberikan manfaat dalam penegmbangan kompetensi ASN," ungkapnya di hadapan peserta sosialisasi.

Sekda Herman mengatakan, profesionalitas ASN  di Kabupaten sumedang belum maksimal dimana Indeks Profesional ASN baru mencapai nilai 60.

"Pada Tahun 2021 saya harapkan ASN Kabupaten Sumedang mencapai nilai 80 poin dengan adanya Digital Library ini," imbuhnya.

Dikatakan Sekda lebih lanjut, Dinas Arsip dan Perpustakaan harus terus bersinergi dengan Diskominfosanditik dan BKPSDM sehingga bisa bersama-sama sesuai dengan bidangnya meningkatkan kapasitas ASN .

"Pemanfaatan teknologi informasi di 26 kecamatan 29 SKPD harus optimal yang pada akhirnya bermuara pada kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Sekda juga berpesan kepada para operator yang mengikuti sosialisasi agar memahami materi sosialisasi sehingga mampu memberikan ilmunya ke perangkat SKPDnya masing-masing.

"Untuk itu, saya harap kuasai teknis pengetahuannya Pahami hardware dan sofware aplikasi tersebut serta berikan konten kreatif untuk SKPD-nya masing-masing," imbuhnya.

Terakhir Sekda berharap Tranformasi digital harus memberikan mafaat bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Didik Sadikin mengatakan, Sosialisasi dan Pelatihan Digitalisasi Perpustakaan dilaksanakan dua hari yaitu tanggal 7-8 Desember 2020.

"Kegiatan ini dilaksanakan dilaksanakan dalam dua gelombang yaitu tanggal 7 dan 8 Desember 2020. Hari pertama diikuti oleh 29 operator SKPD dan 26 Operator Kecamatan. Hari kedua diikuti 50 operator Pondok Pesantren," ujarnya.

Ia melaporkan, tujuan dilaksanakan sosialisasi dan pelatihan tersebut adalah untuk menyiapkan para operator yang akan mengelola perpustakaan digital terkait telah disalurkannya bantuan sarana dan prasarana perpustakaan digital beberapa hari lalu.   

"Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan pelatihan ini, operator di masing-masing SKPD dan Kecamatan dapat memahami aplikasi tersebut sehingga berdampak pada peningkatan kapasitas ASN Kabupaten Sumedang," pungkasnya.