KORSUM.NET
-- Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang  menutup kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sumedang Tahun 2020 yang dilaksanakan di Sekretariat Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang, Kamis (31/12).

Dalam sambutannya Wabup H Erwan Setiawan  mengatakan bahwa penanaman dan pengembangan wawasan dalam Gerakan Kepramukaan sangatlah penting. Oleh karena itu berbagai kegiatan bertajuk pembinaan, pelatihan ataupun kursus perlu terus dilakukan.

"Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) disesuaikan dengan umur, psikologi, fisik, dan kemampuan tiap individu seperti halnya pelaksanaan kursus ini yang merupakan instrumen penting dalam menentukan keberhasilan berbagai program dan kegiatan kepramukaan ke depan," ujarnya.

Wabup juga berharap melalui kursus tersebut para peserta dapat lebih memantapkan mental spiritual, moral, fisik, pengetahuan dan pengalaman bagi seluruh Pembina Pramuka Kwarcab Sumedang.

"Saya juga berharap gerakan Pramuka di Kabupaten Sumedang ke depan akan memberikan warna baru dalam pembinaan generasi muda melalui kegiatan-kegiatan kepramukaan yang kreatif dan inovatif yang relevan dengan Gerakan Pramuka terkini sehingga generasi muda kita mencintai Gerakan Pramuka," harapnya.

Wabup meyakini Gerakan Pramuka di Kabupaten Sumedang akan terus melahirkan pribadi-pribadi unggul yang memiliki daya saing kompetitif sesuai dengan perkembangan dan dinamika masyarakat.

"Hasil dari kegiatan-kegiatan pelatihan ini akan berimplikasi pada perwujudan organisasi kepramukaan yang semakin handal, berkualitas, serta mampu berperan serta dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, terutama mampu memberikan sumbangsih nyata pada penyelenggaraan pembangunan," ungkapnya.

Sementara itu dilaporkan Ayi Ma'mun selaku panitia kursus, jumlah peserta sebanyak 40 orang dari masing-masing 

Kwartir Ranting se-Kabupaten Sumedang, Sako Madrasah, Sako Ma'arif, Sako Pasundan, dan Satuan Karya.

"Kursus ini dilaksanakan selama 9 hari mulai dari tanggal 23 sampai dengan 31 Desember 2020. Selain itu, pelaksaannya dilaksanakan secara tatap muka dan virtual," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 10 peserta kursus terbaik.