KORSUM.NET
- Penanaman bibit jagung hibrida dengan menggunakan cairan Bios 44 diharapkan bisa meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Sumedang.

Demikian disampaikan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir saat menghadiri launching penanaman benih jagung di lahan uji coba Pupuk Bios 44 Kodim 0610 Sumedang, Desa Naluk, Kecamatan Cimalaka, Sabtu (30/1/2021).

"Sumedang merupakan daerah agraris dan agrobisnis, rata-rata mata pencahariannya petani. Ketika teknik ini kita kembangkan, setidaknya akan meningkatkan ketahanan pangan dalam memenuhi produksi pangan, khususnya komoditas jagung," ujar Bupati di hadapan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budiwiryanto beserta rombongan.

Dikatakan Bupati, penanaman benih jagung hibrida di lahan yang tidak produktif diharapkan bisa menjadi motivasi bagi semua pihak, terlebih menghadapi masa sulit di era pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Mungpung musim hujan, mari kita terus tanam. Mudah-mudahan hal ini dapat memotivasi kita semuanya,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan, dalam rangka program ketahanan pangan, Pemda tengah bekerja sama dengan Kodim dan Polres Sumedang memanfaatkan lahan pekarangan seefektif mungkin untuk budi daya sayuran sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan.

“Kodim menjadi mitra sekaligus guru kami untuk mendapatkan ilmu berkaitan dengan pemanfaatan lahan pekarangan. Sebelumnya saya bersama Kapolres hadir di Kodim panen terong bersama. Kedua panen tomat. Sekarang uji coba bawang merah di daerah Padasuka. Alhamdulillah berhasil,” ujarnya.

Bupati meyakini upaya-upaya tersebut dapat membawa manfaat dan mendukung terwujudnya ketahanan pangan di tingkat nasional. 

"Dengan pola kolaborasi seperti ini, pemerintah bisa terus melakukan pelayanan dan kemanfaatan kepada masyarakat," katanya.

Dikatakan, semua itu dilakukan semata-mata untuk mensejahterakan masyarakat.

“Kegiatan penanaman pohon ini merupakan upaya pemanfaatan lahan tidak produktif menjadi lahan produktif. Diharapkan dapat berguna bagi masyarakat setempat,” pungkasnya.

Selain Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budiwiryanto beserta istri, acara dihadiri Danrem 062 Tarumanegara Kolonel Inf Muhamad Muchidin beserta istri, Dandim 0610 Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa, Kapolres Sumedang Eko Prasetyo, Ketua TP. PKK kabupaten Sumedang Susi Gantini, Camat Cimalaka Asep Aan, Tokoh Masyarakat Umuh Muchtar, Kadis Kesehatan Dadang Sulaeman, Kadis Pertanian H. Amim dan Ketua Baznas Kabupaten Sumedang Ayi Subhan