KORSUM.NET
- Bantuan masyarakat bagi korban bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Bojong Kondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung terus mengalir deras, termasuk dari keluarga besar Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Sabtu (15/1/2021).

Bantuan yang diserahkan dalam bentuk uang sebesar Rp.188.748.000,- berikut pakaian layak pakai sebagai hasil penggalangan dari karyawan Disdik, anggota PGRI, MKKS, K3S, IGTK, Himpaudi, SKB, Pengawas dan Penilik. 

Penyerahan berlangsung di Posko Bantuan Kantor Kecamatan Cimanggung  oleh Kepala Dinas Pendidikan Agus Wahidin secara simbolis kepada Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak banjir dan longsor.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir memberikan apresiasi atas respons cepat yang diberikan berbagai elemen masyarakat, termasuk jajaran Dinas pendidikan Kabupaten Sumedang.

"Banjir dan longsor merupakan bencana bersama sehingga semua harus berempati," ujarnya. 

Ia pun mengajak seluruh warga masyarakat dan institusi di Kabupaten Sumedang untuk bersama-sama ikut membantu korban yang terkena musibah dan longsor.

"Alhamdulillah, apa yang saya sampaikan kepada seluruh jajaran direspons dengan cepat, salah satunya oleh Dinas Pendidikan yang berempati, ikut merasakan terhadap saudara kita, dengan cara mendoakan dan memberikan perhatian untuk pemenuhan kebutuhan dasarnya," ungkapnya.

Dengan adanya perhatian dan bantuan dari semua pihak, kata Bupati, diharapkan bencana banjir dan longsor di Cimanggung dapat cepat ditangani dan ke depan musibah ini dapat diantisipasi dengan kebijakan dari pemerintah daerah. 

Terakhir Bupati Dony menitipkan pesan kepada seluruh jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang untuk memberikan informasi kepada seluruh peserta didik agar menyisipkan dalam doanya untuk para korban bencana serta keselamatan Kabupaten Sumedang.

"Sampaikan kepada seluruh siswa-siswi di Sumedang, tambahkan doanya untuk para korban. Mudah-mudahan dengan kekuatan doa, Sumedang diberikan keselamatan dari musibah dan bencana," pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sumedang, H.Agus Wahidin, usai penyerahan bantuan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pejabat struktural disdik, maupun non struktural, serta para kepala sekolah dan tenaga pendidikan lainnya, yang telah berpartisipasi menyalurkan bantuan bagi para korban longsor di Cimanggung.

 Kami sangat mengapresiasi dan mengungkapkan kebanggaanya, atas jiwa korsa dinas pendidikan yang semakin kuat.

"Sebagai salah satu bentuk empati dan kepedulian kami Keluarga Besar Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang yang terdiri dari Karyawan, PGRI, MKKS SMP, K3S SD, K3TK, IGTK, Himpaudi, SKB, Pengawas dan Penilik, secara sukarela dan penuh kebersamaan segera merespon dalam bentuk sumbangan materi dan tenaga terhadap keluarga korban dan masyarakat terdampak musibah longsor Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang sebagai mana juga yang dihimbau oleh Bupati Sumedang beberapa saat setelah kejadian musibah bahwa beliau menghimbau agar seluruh aparatur di Kabupaten Sumedang sesuai kewenangan, kemampuan dan kesanggupan  masing masing agar segera cepat tanggap membantu korban, keluarga korban dan masyarakat terdampak dalam bentuk apapun yang bermanfaat, baik materi ataupun non materi." Jelas H. Agus Wahidin

Oleh sebab itu, lanjutnya ia beserta keluarga besar Disdik Sumedang secara ikhlas menyisihkan sebagian rizki disertai do'a tulus semoga semuanya ada dalam lindungan Allah SWT."

Kami Keluarga besar Disdik Kabupaten Sumedang dengan penuh kerelaan segera masing-masing komponen menghimpun bantuan kepedulian. Disertai doa semoga para korban bencana semua kembali kerahmatulloh dalam khusnul khotimah membawa iman dan islam (bagi yang muslim,red). 

Bagi keluarga korban semoga diberi kekuatan dan ketabahan, serta bagi masyarakat terdampak yg saat ini diungsikan semoga tetap diberi kesehatan.  Mudah-mudahan berbagai sumbangan kepedulian dar

Bagi keluarga korban semoga diberi kekuatan dan ketabahan, serta bagi masyarakat terdampak yg saat ini diungsikan semoga tetap diberi kesehatan.  Mudah-mudahan berbagai sumbangan kepedulian dari berbagai pihak setidaknya akan mampu meringankan beban keluarga korban dan masyarakat terdampak bencana. Semoga Alloh SWT memberkahi kita semua amin yaa robbal Alamin dan tetap semangat walau dimasa darurat," Pungkasnya