KORSUM.NET - Para wartawan dilingkungan Pemkab Sumedang, menjalani tes Rapid anti Gen. Acara tersebut digelar Polres Sumedang di depan alun-alun Sumedang, Kamis (4/2-2021).

Menurut Ketua PWI Sumedang Ade Hadeli mengatakan, tes Rapid anti gen kepada para wartawan itu merupakan bentuk kepedulian Polres Sumedang terhadap kesehatan para wartawan, karena mungkin pihak Polres ingin menyakini bahwa  para wartawan tersebut terpapar atau tidak Covid 19 ini.

Sebab lanjut dia, bagaimanapun wartawan itu sering berbaur atau berinteraksi dengan siapapun baik  dengan para ASN maupun para petugas kepolisian.

"Alhamdulillah setelah dites Rapid, semua wartawan negatif. Kami atas nama para Jurnalis Sumedang ucapkan terima kasih kepada Polres Sumedang yang telah peduli terhadap kesehatan para wartawan ini, "tandasnya.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto menyebut pihaknya ingin menganalisa kepada profesi yang punya resiko tinggi terhadap penurunan Covid 19, yang salah satunya wartawan.

Sebab kata dia, wartawan itu mobail dengan banyak orang, termasuk kepada pihak Polres, dimana pihak Polres juga melakukan trescing kepada seluruh anggota diwajibkan dites Rapid anti gen. Sehingga tidak salah juga jika para wartawan itu harus dilakukan hal yang sama yaitu tes Rapid anti gen.

"Penyakit ini sungguh bukan aib, dan tingkat  kesembuhan di Indonesia hampir 90 persen. Sehingga lebih bagus segera diketahui dan segera diobati dari pada menjadi penular bagi orang lain, apabila bagi keluarganya, "ujar Kapolres.

Saat ini memang kasus Covid ini terus meningkat, namun di Sumedang masih relatif terkendali jika dibanding dengan daerah lain, dan tidak bisa dipungkiri bahwa akan masih ada penularan virus ini dan akan terus menggelorakan prokes untuk waktu yang cukup lama.

Sebab lanjutnya, masa tumbuh vaksin itu sekitar 15 bulan, dan dengan waktu cukup lama itu tetap harus gelorakan protokol kesehatan. Sehingga dalam kurun waktu yang 15 bulan itu adalah sesuatu yang normal saja.

"Kami ingin para wartawan ini bebas Covid 19, karena insan pres ini merupakan mitra kami dalam menyampaikan himbauan Kamtibmas untuk  Sumedang, khususnya himbauan protokol kesehatan sehingga si penyampainya harus dites Rapid dulu, "tandasnya.**