KORSUM.NET - Pembangunan tahap I Mesjid Al-Kamil di Komplek Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kabupaten Sumedang yang dimulai pada akhir bulan Juli 2020 lalu telah selesai dilaksanakan dan mulai bisa dipergunakan.

Penggunaan Mesjid-Al Kamil ditandai dengan pelaksanaan shalat dzuhur perdana secara berjamaah dipimpin oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir bersama para ASN dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, Selasa (2/2/2021).

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir  dalam kesempatan itu merasa bersyukur atas selesainya pembangunan mesjid tersebut. Keberadaan tempat ibadah ini, kata Bupati, diharapkan menjadi sarana peningkatan kualitas dan kuantitas ibadah bagi jajaran ASN dilingkungan Pemda Sumedang.

"Hari ini adalah hari bersejarah bagi Pemda Sumedang. Alhamdulillah pada tahun 2021 ini di pusat pemerintahan Kabupaten Sumedang telah berdiri Masjid Al-Kamil," ujarnya.

Dikatakan Bupati, keberadaan masjid Al-Kamil harus menjadi role model atau percontohan bagi yang lain dalam hal kemakmuran dan pengelolaannya. Ia pun meminta para ASN menjadi bagian yang ikut memakmurkan mesjid Al-Kamil.

"Harapan saya mesjid ini dimakmurkan dan ASN yang berada di lingkungan pusat pemerintahan Kabupaten Sumedang harus menjadi garda terdepan yang memakmurkan masjid Al-Kamil ini," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, keberadaan masjid tidak dipandang sebagai sarana untuk beribadah saja, tetapi juga memiliki fungsi lainnya sebagai wadah kegiatan berbasis ekonomi, sosial kemasyarakatan, pendidikan dan psikologi.

"Masjid tidak hanya ibadah saja tetapi ada fungsi edukasi seperti pengajian rutin, kemudian fungsi ekonomi, sosial dan psikologi sehingga orang yang masuk masjid tenang dan damai," ujarnya.

Turut hadir mengikuti shalat dzuhur, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, Sekretaris Daerah Herman Suryatman, para Asisten, Staff Ahli, kepala OPD dan Kepala Bagian, dengan penceramah Abuya KH. M.Muhyiddin Abdul Qodir pimpinan Pondok Pesantren Internasional Islam Asy-Syifa Walmahmudiyah