KORSUM.NET
- Dalam rangka memperingati Hari Jadi Baden Powell ke-164, Wakil Bupati Sumedang sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang menutup kegiatan Training of Trainer ( ToT) dan mengukuhkan Naratama Tahun 2020 Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang, Senin (22/02/2021). 

Kegiatan yang bertemakan "Kita Satukan Tujuan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sumedang Menuju Sumedang Simpati" tersebut

bertempat di Sekretariat Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang, Komplek Cigugur.

Waka Binawasa Kwarcab Pramuka Sumedang Tata Winata dalam laporannya mengatakan, Peringatan Hari Baden Powell Tahun 2021 diisi dengan kegiatan pengukuhan Naratama Dasar dan Naratama Lanjutan. 

"Peserta Naratama Dasar 5 orang dan Naratama Lanjutan 3 orang. Semua peserta oleh panitia dinyatakan lulus. Penyematan tanda jabatan kepada peserta Naratama dilakukan oleh Ka Kwarcab," katanya.

Ia memaparkan, rangkaian hari ulang tahun digelar kegiatan Binawasa yang digelar Pusdiklatcab.

"Pusdiklatcab menyelenggarakan Training of Trainer guna memberikan pelayanan yang lebih baik dan optimal terhadap peserta Kursus Mahir Dasar yang akan datang," paparnya .

Ia juga menerangkan, materi utama disampaikan oleh para narasumber meliputi 

Kurikulum, Tupoksi Pelatih dan Skenario Pembelajaran.

"Materi ini sebagai bekal untuk mereka melayani peserta KMD yang akan datang," Terangnya 

Ia juga menambahkan, peserta ToT terdiri dari Pelatih Siaga 8 orang dan Pelatih Penegak MT 8 orang, jadi jumlah 16 orang. 

"Peserta telah siap menerima SK atau Surat Hak Latih untuk KMD 2021 yang dilaksanakan 2 kelompok sesuai dengan anjuran Ka Kwarcab yaitu Golongan Siaga dan Penegak" Tandasnya 

Ketua Kwarcab Erwan Setiawan dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya karena para peserta telah selesai mengikuti Naratama yang dimulai sejak bulan Oktober 2020.

"Dengan selesainya mengikuti Naratama, para peserta berhak dikukuhkan dan memperoleh Surat Hak Latih (SHL), Selendang Mahir, Pita Mahir dan atau tanda lain yang sesuai dengan ketentuan," katanya 

Ia juga mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah dikukuhkan. 

"Dengan pengukuhan ini, berarti saudara-saudara telah menjadi pembina pramuka berkualifikasi pelatih yang siap menjadi pelatih dan konsultasi bagi pangkalan yang membutuhkan," ucapnya .

Ia juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara serta pihak-pihak terkait atas pelaksanaan kegiatan Naratama, termasuk kegiatan Training of Trainer (ToT) yang berakhir pada hari itu.

"Kegiatan ini merupakan sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai dasar-dasar kepramukaan. Saya berharap hasil kegiatan ini akan berimplikasi pada perwujudan organisasi kepramukaan yang semakin handal, berkualitas, mampu berperan serta dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan, bernegara" ujarnya.

Tekait Hari Peringatan Baden Powell ke 164 Tahun 2021, Wabup mengajak untuk memperingatinya dengan penuh suasana kekeluargaan dan khidmat serta dengan semangat tema HUT yaitu "Sehari Berbuat Baik".

"Saya berharap bukan hanya hari ini saja berbuat baik. Diawali dengan hari ini, besok berbuat baik dan seterusnya. Karena tujuan kita berorganisasi Gerakan Pramuka ini adalah berbuat baik," pungkasnya.