KORSUM.NET - Bupati Sumedang,  Dr.  H.  Dony Ahmad Munir,  memberikan Piagam Penghargaan dan uang Kadeudueh kepada 5 orang Warga Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung,  bukan terkena dampak longsor Cimangung, saat acara Apel Pagi di Komplek IPP Sumedang,  Senin (2/3/2021).

Menurut Bupati penghargaan ini sebagai rasa terima kasih Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang kepada warga yang dengan sukarela rumahnya di bongkar,  dalam rangka memudahkan alat berat saat proses evakuasi korban longsor Cimanggung. 

"Atas kesediaan mereka memberikan rumahnya, yang tidak terkena longsor untuk dibongkar sebagai akses alat berat masuk ke lokasi bencana,  Kami sepenuhnya berterima kasih.  Penghargaan dan uang kadeudueh yang kami berikan,  tidak sebanding dengan keikhlasan mereka membantu atas dasar rasa kemanusiaan dan sosial," terang Bupati. 

Lebih lanjut,  Bupati menjelaskan kronologisnya bahwa proses evakuasi yang dilakukan oleh Basarnas mendapatkan kendala karena alat berat tidak bisa masuk ke lokasi longsor.  

Kepala Basarnas,  kemudian menyampaikan solusi dan ditanggapi oleh 2 orang warga yang ikhlas rumahnya dibongkar dengan perantara pemerintah Kabupaten Sumedang. 

Namun,  setelah 2 rumah di bongkar,  ternyata masih juga belum optimal.  Walaupun sudah ada perkembanganan berarti dengan ditemukannya beberapa korban.  

Dalam rangka optimalisasi,  hingga akhirnya ada 3 rumah lagi yang Kami bongkar,  dan Alhamdulillah semua korban hilang ditemukan jasadnya.  

Ke-5 warga ini menurut Bupati adalah teladan bagi masyarakat lainnya.  

"Barang siapa yang memudahkan urusan orang lain, Maka Allah akan memudahkan urusannya. In Syaa Allah Ke-5 warga ini sudah memberikan kemudahan kepada Pemerintah dan Basarnas.  Sehingga wajar jika Kami memberikan apresiasi ini," tambah Bupati. 

Selain penghargaan dan uang Kadeudeuh,  Bupati menjanjikan rumah pengganti yang nilainya sama dengan rumah yang hancur lainnya seperti yang terkena dampak.  

"Seperti yang terkena dampak,  mereka akan diberikan rumah pengganti oleh Pemerintah.  Doakan prosesnya lancar ya," pungkas Bupati. 

Adapun ke 5 warga tersebut adalah,  Totoh Gozali, Hadi, Endang, Deti Kurnia dan Nurjanah Anita Santi.

Dalam pemberian penghargaan tersebut,  hadir pula Sekda Sumedang Hetman Suryatman , Asisten Administrasi Nasam, Camat Cimanggung Dikdik Syeh Rizky,  Kepala Desa Cihanjuang Yuyus Yusuf. Hadir juga divisi Pengungsi longsor Cimanggung Asep D Darmawan dan  Sekretaris BPBD Kabupaten Sumedang, Iwan Hermawan.