KORSUM.NET
- Menanggapi banyaknya keluhan warga terkait jalan berlubang di sejumlah ruas jalan. Pemerintah daerah Kab. Sumedang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) merespon terkait keluhan tersebut.

Sekertaris PUPR Kab. Sumedang R. Sonny Nugraha mengatakan, jalan yang rusak tersebut, statusnya bukan status jalan Kabupaten, melainkan masuk pada status jalan provinsi.

"Insya Alloh terkait dengan keruskaan jalan raya Sumedang-Wado tersebut, akan segera dikordinasikan dengan pihak PU Binamarga Provinsi Jawa Barat untuk dilakukan perbaikan," kata Soni ketika dikonfirmasi KORSUM, melalui sambungan teleponnya, Sabtu (6/3/2021).

Perlu diketahui oleh masyarakat, sambung Sonny, bahwa sejumlah ruas jalan di Kab. Sumedang terbagi dalam 4 status, pertama yaitu Status Jalan Nasional, dimana apabila ada kerusakan jalan pada ruas jalan nasional, maka penanggung jawab dan kewenangan dalam penanganannya adalah Kementerian PUPR.

Kedua adalah Jalan Provinsi, sama halnya dengan statusnya, maka jika ada kerusakan jalan pada ruas jalan provinsi maka penanggung jawab dan kewenangan dalam penanganannya adala Dinas PU Binamarga Provinsi.

Kemudian yang ketiga adalah Jalan Kabupaten, dimana jika  ada kerusakan jalan pada ruas Jalan Kabupaten, maka penanggung jawab dan kewenangan dalam penanganannya adala Dinas PUPR Kab. Sumedang.

Dan yang keempat, kata Sonny, adalah Jalan Desa dan Jalan Lingkungan di Perdesaan, dimana untuk jalan tersebut juga apabila ada kerusakan jalan pada ruas Jalan Desa maka penanggung jawab dan kewenangan dalam penanganannya adalah Pemerintah Desa.

"Jadi, dengan adanya status jalan tersebut, tidak semua ruas jalan yang ada menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah Kab. Sumedang, dalam hal ini adalah PUPR. Kendati demikian, kami juga tidak tinggal diam ketika ada keluhan dari masyarakat, terkait jalan yang rusak. Kami akan koordinasikan sesuai dengan kewenangannya," kata Sonny menegaskan.

Adapun keluhan terkait jalan berlubang tersebut disampaikan warga melalui Media Sosial Facebook dengan akun @Al Barokah colektion di salah satu grup Facebook. Dimana dalam postinganganya, akun tersebut, tersebut mengeluhkan banyaknya jalan berlubang di ruas jalan Sumedang-Wado.