KORSUM.NET
- Pemerintah desa (Pemdes) Jaya Mekar Kecamatan Cibugel Sumedang Konsisten melaksanakan program kegiatan pengajian dibarengi dengan memberikan santunan kepada fakir miskin, duafa serta anak yatim.

Menurut kepala Desa Jaya Mekar Idi Kusnadi program tersebut ia laksanakan setelah dirinya menjabat sebagai kepala Desa.

"Kurang lebih sudah berjalan dua tahun. Program dijalankan setelah saya menjabat menjadi Kepala Desa disini. Untuk saat ini pengajian masih terus bejalan namun dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat mengingat wabah pandemi pandemi Covid-19 masih ada." Paparnya

Dikatakan Kades, pengajian bulanan di tiap masjid Dusun diinisiasi oleh para pemuda. Sedangkan bantuan untuk duafa dan fakir miskin didanai oleh PADes.

"Program pengajian rutinan tiap bulan  dipelopori oleh para pemuda desa . Terdapat lima lokasi pengajian ditiap-tiap dusun. Ada pun sumber dana untuk santunan dari pendapatan asli desa".  Jelasnya.

IDI melanjutkan, Rata-rata kuota bantuan yang diberikan sebanyak sepuluh orang fakir miskin duafa dan yatim. Nilainya cuma 100 ribu perorang jadi setiap pengajian dinggarkan 1 juat tiap bulanya. Adapun pengajian pada tiap Minggu terakhir.

Ia berharap dengan adanya pengajian dan santunan warga didesa dapat menigkatkan iman dan taqwa serta medapat berkah didunia dan ahirat.

"Mudah-mudahan dengan program ngaji bersama ini dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan minimal masyarakat tahu antara yang haq dan bathil. Semoga Allah memberkahi dan merahmati atas kepedulian terhadap sesama." Harapnya